Rabu, 08 Januari 2014

ETIKA BISNIS



Nama  : Diah Purwati
Npm    : 11210950
Kelas   : 4EA18

1.      Hak Pekerja 
    Masalah kasus Pengusaha dan Puluhan Pekerja panci di Tanggerang yang terkena tindakan kekerasan dan belum mendapatkan Hak-hak nya. 
      Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menyesalkan lambannya penyelesaian kasus pekerja panci di Tangerang. Menurut Kadiv Advokasi dan HAM KontraS, Yati Andriyani, sudah tiga bulan kasus yang menimpa puluhan pekerja panci terkuak, namun sampai saat ini belum satu pun berbuah hasil seperti harapan. Pasalnya, para pekerja yang semasa bekerja kerap mendapat perlakuan tidak manusiawi dari pengusahanya itu sampai saat ini belum dipenuhi hak-haknya. Mulai dari upah sampai hak-hak lainnya sebagai pekerja. Yati mencatat ada 3 instansi pemerintah yang memproses kasus tersebut, yaitu polres tigas raksa Tanggerang, dinas tenaga kerja kabupaten Tanggerang dan kemenakertrans. Proses penyiidikan memmakan waktu sejak 2 mei 2013 dan menyerahkan berkas kke jaksaan negeri tanggerang 25 juli 2013. Hasil penyidikan hanya mencantumkansi pengusaha yaitu yuki dan mandor. Padahal dalam pemeriksaan saksi menyebutkan keterlibatan aparat kepolisisan dan TNI. Adanya intimidasi dan ancaman dengan cara tembakan ke tanah dimana para pekerja panci yang sedang bekerja. Menurut Sekjen (OPSI), Timboel Siregar melihat kasus ini seakan hilang ditiup angin. Padahal kasus ini terungkap banyak janji yang di umbar pihak berwewenang untuk menyelesaikan masalah. Timboel mendeak pemerintah dan aparat penegak hokum segera menuntaskan kasus tersebut baik menyangkut erdata dan pidana, dan menegakkan hokum dibarengi dengan perbaikan pengawasan ketenagakerjaan. Hingga sekarang Kemenakertrans belum memberikan pernyataan resmi dan belum berbuah hasil. 

2.       Iklan Tidak Etis Iklan E-juss Anggur (versi sule)
Sinopsi :
sule sebagai supir angkot yang di tengah perjalanan mengalami keletihan ( dalam iklan ini memakai kata “gembos” ). Para penumpang yang beratribut seperti tokoh di iklan jenis minuman suplemen merek lain. Menegur sule. Kemudian sule meminumn suplemen (E-JUSS), dan setelah meminumnya ia kembali bertenaga dan menarik angkotnya menggunakan tangan.
Pelanggaran dalam iklan ini :
klan tidak boleh dengan sengaja meniru iklan produk pesaing sedemikian rupa sehingga dapat merendahkan produk pesaing, ataupun menyesatkan atau membingungkan khalayak. Peniruan tersebut meliputi baik ide dasar, konsep atau alur cerita, setting, komposisi musik maupun eksekusi. Dalam pengertian eksekusi termasuk model, kemasan, bentuk merek, logo, judul atau subjudul, slogan, komposisi huruf dan gambar, komposisi musik baik melodi maupun lirik, ikon atau atribut khas lain, dan properti. Iklan tidak boleh meniru ikon atau atribut khas yang telah lebih dulu digunakan oleh sesuatu iklan produk pesaing dan masih digunakan hingga kurun dua tahun terakhir.


3.      Etika Pasar Bebas, Korea menuduh Indonesia melakukan dumping woodfree copy paper ke Korsel
Salah satu kasus yang terjadi antar anggota WTO kasus antara Korea dan Indonesia, dimana Korea menuduh Indonesia melakukan dumping woodfree copy paper ke Korsel sehingga Indonesia mengalami kerugian yang cukup besar. Tuduhan tersebut menyebabkan Pemerintah Korsel mengenakan bea masuk anti dumping (BMAD) sebesar 2,8 persen hingga 8,22 persen terhitung 7 November 2003. dan akibat adanya tuduhan dumping itu ekspor produk itu mengalami kerugian. Ekspor woodfree copy paper Indonesia ke Korsel yang tahun 2002 mencapai 102 juta dolar AS, turun tahun 2003 menjadi 67 juta dolar.
Karena, Indonesia harus melakukan yang terbaik untuk menghadapi kasus dumping ini, kasus ini bermual ketika industri kertas Korea mengajukan petisi anti dumping terhadap 16 jenis produk kertas Indonesia antara lain yang tergolong dalam uncoated paper and paperboard used for writing dan printing or other grafic purpose produk kertas Indonesia kepada Korean Trade Commision (KTC) pada tanggal 30 september 2002 dan pada 9 mei 2003, KTC mengenai Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) sementara dengan besaran untuk PT pabrik kertas Tjiwi Kimia Tbk sebesar 51,61%, PT Pindo Deli 11,65%, PT Indah Kiat 0,52%, April Pine dan lainnya sebesar 2,80%. Namun, pada 7 November 2003 KTC menurunkan BM anti dumping terhadap produk kertas Indonesia ke Korsel dengan ketentuan PT Pabrik kertas Tjiwi Kimia Tbk, PT Pindo Deli dan PT Indah Kiat diturunkan sebesar 8,22% dana untuk April Pine dan lainnya 2,80%. Dan Indonesia mengadukan masalah ini ke WTO tanggal 4 Juni 2004 dan meminta diadakan konsultasi bilateral, namun konsultasi yang dilakukan pada 7 Juli 2004 gagal mencapai kesepakatan.
 Karena, Indonesia meminta Badan Penyelesaian Sengketa (Dispute Settlement Body/DSB) Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) membentuk Panel dan setelah melalui proses-proses pemeriksaan, maka DSB WTO mengabulkan dan menyetujui gugatan Indonesia terhadap pelanggaran terhadap penentuan agreement on antidumping WTO dalam mengenakan tindakan antidumping terhadap produk kertas Indonesia. Panel DSB menilai Korea telah melakukan kesalahan dalam upaya membuktikan adanya praktek dumping produk kertas dari Indonesia dan bahwa Korea telah melakukan kesalahan dalam menentukan bahwa industri domestik Korea mengalami kerugian akibat praktek dumping dari produk kertas Indonesia.

4.      Whistle Blowing
Merupakan Tindakan yang dilakukan seorang atau beberapa karyawan untuk membocorkan kecurangan perusahaan kepada pihak lain. Dengan kata lain, whistle blowing sama halnya dengan membuka rahasia perusahaan.
Kasus skandal perusahaan The Big Tobbacoh:
kasus di negara lain Jeffrey Wigand adalah seorang Whistle Blower yang sangat terkenal di Amerika Serikat sebagai pengungkap sekandal perusahaan The Big Tobbacoh. Perusahaan ini tahu bahwa rokok adalah produk yang gaddictiveh dan perusahaan ini menambahkan bahan gcarcinogenich di dalam ramuan rokok tersebut. Kita tahu bahwa gcarcinogenic adalah bahan berbahaya yang dapat menimbulkan kanker. Yang perlu diingat bahwa Whistle Blower tidak hanya pekerja atau karyawan dalam bisnis melainkan juga anggota di dalam suatu institusi pemerintahan (Contoh Khairiansyah adalah auditor di sebuah institusi pemerintah benama BPK).





Sabtu, 04 Januari 2014

ETIKA BISNIS



Nama : Diah Purwati
Npm   : 11210950/4ea18


MODAL UTAMA UNTUK SUKSES MENJALIN RELASI
 
            Membangun dan memiliki relasi sangatlah penting, banyak orang mengatakan relasi memiliki pengaruh besar bagi kesuksesan seseorang. Dalam bisnis, relasi bahkan menjadi hal utama dalam membangun sebuah usaha. Relasi memiliki kekuatan untuk mengubah hidup menjadi luar biasa. Sebagai makhluk sosial, pada dasarnya membangun relasi dengan sesama merupakan insting alami yang menjadi kebutuhan setiap orang. Hubungan relasi yang terjalin dengan baik pada gilirannya menjadi sarana tumbuhnya kepercayaan yang tercipta ini sangat bermanfaat untuk berbagai hal dalam kehidupan, kepercayaan menjadi modal berharga yang tak tergantikan.      
            Dari sini bisa terlihat banwa, siapa yang memiliki banyak relasi, maka dia akan memiliki peluang besar berhasil dalam karir dan kehidupannya. Pepatah lama mengatakan, ‘bukan apa yang anda tahu, tetapi siapa yang anda kenal’. Relasi sendiri tidak hanya terbatas pada ruang bisnis dan karir semata. Dalam artian yang luas relasi bermakna hubungan. Dalam hal ini ralsi dapat dibedakan menjadi relasi kedalam bdan relasi keluar. Relasi kedalam berupa hubungan antara individu dengan dirinya sendiri dan relasi keluar berupa hubungan antara individu dengan lingtkungannya. Lingkungan yang dimaksud mencakup semua hal di luar diri seseorang, antara lainrelasi dengan sesama, relasi dengan Tuhan, dan relasi dengan alam.
            Membangun relasi membutuhkan kemampuan tersendiri, yaitu kemampuan untuk membina hubungan yang baik, kemampuan yang bersifat abstrak, mencakup kecakapan-kecakapan dalam berinteraksi, berkomunikasi, serta kemampuan lainnya yang terkait kapasitas kepribadian seseorang. Orang yang kemampuannya tendah kurang bisa membawa diri dalam lingkungannya. Meskipun kapasitas intelektualnya tinggi misalnya, ia tidak mampu beradaptasi ditempat kerja, tidak mmahami perasaan orang lain dan egois. Hal ini membuat hubungannya dengan orang lain mewnjadi tidak lancar. Padahal, kemampuan membawa diri yang baik dilingkungan kerja bisa berpengaruh pada proses kerja dan karier seseorang.       
            Dalam keberhasilan berinteraksi dengan orang lain dan demi terwujudnya hubungan relasi yang baik, maka setidaknya harus ada tiga syarat utama yang dimiliki seseorang, yaitu karakter-karakter yang menjadi kapasitas pribadi seseorang, kemampuan dalam berkomunikasi, dan kecakapan mengola emosi. Ketiga kemampuan tersebut merupakan unsur-unsur kemampuan yang diperlukan dalam berinteraksi dengan orang lain. Dari ketiganya juga menjadi faktor penentu kesuksesan dalam berinteraksi denga orang lain dan menjalin relasi. 

SUMBER     : TEGUH SUTANTO