Selasa, 15 November 2011

evaluasi keberhasilan koperasi dilihat dari segi anggota


BAB 9

Evaluasi Keberhasilan Koperasi di Lihat dari Sisi Anggota

9.1 Efek Ekonomi Koperasi
            Salah satu hunungan penting yang harus dilakukan koperasi adalahdengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Pada dasarnya setiap anggota akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan koperasi :
1.      Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
2.      Jika pelayan itu di tawarkan dengan harga, mutu atay syarat-syarat yang lebih menguntungkan banding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain dandi lur koperasi

Menurut Ropke Koperasi adalah suatu organisasi bisnis yang para pemiliknya atau anggotanya adalah juga pelayanan utama perusahaan.



9.2 Efek Harga dan Biaya
            Partisipasi anggota merumuskan keberhasilan koperasi. Sedangkan tingkat partisipasi anggota di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : Besarnya nilai manfaat koperasi secara utilitarian maupun normatif.
Bila dilihat dari peranan anggota dalam koperasi yang begitu dominan atau maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dan harga untuk non anggota. Perbedaan ini mengharuskan daya analisis yang lebih tajam dalam melihat peranan koperasi dalam pasar bersaing.





9.3  Analisi Hubungan Efek Ekonomis dengan Keberhasilan koperasi
            Dalam badan uasaha koperasi, laba bukanlah satu-satunya yang dikejar oleh manajemen, melainkan juga aspek pelayanan. Di tinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya.
            Dari keberhasilan koperasi ditentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan partisipasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis kopearasi yaitu manfaat yang didapat oleh anggota tesebut.

9.4 Penyajian Analisis Neraca Pelayanan  
            Disebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perusahaan lingkungan koperasi, terutama tantangan kompetitif, pelayan koperasi terhadap anggota harus secara kontinu disesuaikan.
Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingan, maa tinkat partisipasianggota terhadap koperasinya akan meningkat. Untuk meningkat pelayanan koperasi memerlikan informasi-informaisi yang datang terutama dari anggota koperasi.












DAFTAR PUSTAKA






  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar