Sabtu, 04 Januari 2014

ETIKA BISNIS



Nama : Diah Purwati
Npm   : 11210950/4ea18


MODAL UTAMA UNTUK SUKSES MENJALIN RELASI
 
            Membangun dan memiliki relasi sangatlah penting, banyak orang mengatakan relasi memiliki pengaruh besar bagi kesuksesan seseorang. Dalam bisnis, relasi bahkan menjadi hal utama dalam membangun sebuah usaha. Relasi memiliki kekuatan untuk mengubah hidup menjadi luar biasa. Sebagai makhluk sosial, pada dasarnya membangun relasi dengan sesama merupakan insting alami yang menjadi kebutuhan setiap orang. Hubungan relasi yang terjalin dengan baik pada gilirannya menjadi sarana tumbuhnya kepercayaan yang tercipta ini sangat bermanfaat untuk berbagai hal dalam kehidupan, kepercayaan menjadi modal berharga yang tak tergantikan.      
            Dari sini bisa terlihat banwa, siapa yang memiliki banyak relasi, maka dia akan memiliki peluang besar berhasil dalam karir dan kehidupannya. Pepatah lama mengatakan, ‘bukan apa yang anda tahu, tetapi siapa yang anda kenal’. Relasi sendiri tidak hanya terbatas pada ruang bisnis dan karir semata. Dalam artian yang luas relasi bermakna hubungan. Dalam hal ini ralsi dapat dibedakan menjadi relasi kedalam bdan relasi keluar. Relasi kedalam berupa hubungan antara individu dengan dirinya sendiri dan relasi keluar berupa hubungan antara individu dengan lingtkungannya. Lingkungan yang dimaksud mencakup semua hal di luar diri seseorang, antara lainrelasi dengan sesama, relasi dengan Tuhan, dan relasi dengan alam.
            Membangun relasi membutuhkan kemampuan tersendiri, yaitu kemampuan untuk membina hubungan yang baik, kemampuan yang bersifat abstrak, mencakup kecakapan-kecakapan dalam berinteraksi, berkomunikasi, serta kemampuan lainnya yang terkait kapasitas kepribadian seseorang. Orang yang kemampuannya tendah kurang bisa membawa diri dalam lingkungannya. Meskipun kapasitas intelektualnya tinggi misalnya, ia tidak mampu beradaptasi ditempat kerja, tidak mmahami perasaan orang lain dan egois. Hal ini membuat hubungannya dengan orang lain mewnjadi tidak lancar. Padahal, kemampuan membawa diri yang baik dilingkungan kerja bisa berpengaruh pada proses kerja dan karier seseorang.       
            Dalam keberhasilan berinteraksi dengan orang lain dan demi terwujudnya hubungan relasi yang baik, maka setidaknya harus ada tiga syarat utama yang dimiliki seseorang, yaitu karakter-karakter yang menjadi kapasitas pribadi seseorang, kemampuan dalam berkomunikasi, dan kecakapan mengola emosi. Ketiga kemampuan tersebut merupakan unsur-unsur kemampuan yang diperlukan dalam berinteraksi dengan orang lain. Dari ketiganya juga menjadi faktor penentu kesuksesan dalam berinteraksi denga orang lain dan menjalin relasi. 

SUMBER     : TEGUH SUTANTO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar