Nama : Diah Purwati
NPM : 11210950
Kelas : 3 EA 18
MENGGUNAKAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN
NPM : 11210950
Kelas : 3 EA 18
MENGGUNAKAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN
Segmentasi
pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan
peluang yang muncul di pasar.
Manfaat dan
Kelemahan segmentasi : Banyaknya perusahan yang melakukan segmentasi pasar atas
dasar pengelmpokkan variable tertentu . dengan menggolokan atau mensegmentaskan
pasar seperti itu , dapat dikatakan bahwa secara umum peusahan mempunyai motivasi
untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan yang lebih penting lagi agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat
berkelanjutan dan kompetitif .
Salah satu
cara dalam mengadakan segmentasi pasar adalah dengan membagi segmen pasar berdasarkan
Sembilan kategori berikut :
1.
Geografis
2.
Demografi
3.
Psikografi
4.
Sosiocultural
5.
Segmen hubungan
menggunakan cara ekstrim
6.
Segmen situasi
penggunaan
7.
Segmen
benefit
8.
Segmen hybrid
9.
Segmentasi Tingkah
Laku
KRITERIA MEMBIDIK SEGMEN PASAR YANG EFEKTIF
Tidak semua segmentasi itu efektif. Syarat
yang diperlukan agar segmentasi efektif adalah :
- Harus bisa diukur : Besar atau luasnya segmen, daya beli dan profit yang bisa diukur.
- Harus substansial : Segmen harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani.
- Mudah dicapai/ditemui (accesable) : Segmen harus mudah dicapai dan dilayani.Harus jelas alamatnya, bisa dihubungi, diketahui kebutuhan dan keinginannya.
- Harus bisa dibedakan (differentiable)
Secara
konseptual segmen harus bisa dibedakan dan memberikan respon yang berbeda yang
nikah atau tidak nikah memberikan respon yang sama terhadap produk perlatan
rumah tangga, tidak perlu dibuat segmen untuk wanita menikah dan tidak menikah.
- Harus bisa dilakukan tindakan/dilaksanakan (actionable) : Program efektif bisa disusun untuk menarik dan melayani segmen.
Manfaat yang didapat jika menggunakan system segmentasi pasar :
1. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dan apromosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar