Jumat, 19 Oktober 2012

TUGAS 3


Nama         : Diah Purwati
NPM          : 11210950
Kelas         : 3 EA 18


MENGGUNAKAN SEGMENTASI DALAM STRATEGI PEMASARAN

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Kita perlu     secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang  yang  muncul  di pasar.

Manfaat dan Kelemahan segmentasi : Banyaknya perusahan yang melakukan segmentasi pasar atas dasar pengelmpokkan  variable  tertentu . dengan menggolokan atau mensegmentaskan pasar seperti itu , dapat dikatakan bahwa secara umum peusahan mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan  yang  lebih penting lagi  agar operasi perusahaan dalam jangka panjang dapat berkelanjutan dan kompetitif .

Salah satu cara dalam mengadakan segmentasi pasar adalah dengan membagi segmen pasar berdasarkan Sembilan kategori berikut :
1.      Geografis
2.      Demografi
3.       Psikografi
4.       Sosiocultural
5.       Segmen hubungan menggunakan cara ekstrim
6.       Segmen situasi penggunaan
7.       Segmen benefit
8.       Segmen hybrid
9.       Segmentasi Tingkah Laku

KRITERIA MEMBIDIK SEGMEN PASAR YANG EFEKTIF
Tidak semua segmentasi itu efektif. Syarat yang diperlukan agar segmentasi efektif adalah :
  1. Harus bisa diukur : Besar atau luasnya segmen, daya beli dan profit yang bisa diukur.
  1. Harus substansial : Segmen harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani.
  2.  Mudah dicapai/ditemui (accesable) : Segmen harus mudah dicapai dan dilayani.Harus jelas alamatnya, bisa dihubungi, diketahui kebutuhan dan keinginannya.
  1. Harus bisa dibedakan (differentiable)
Secara konseptual segmen harus bisa dibedakan dan memberikan respon yang berbeda yang nikah atau tidak nikah memberikan respon yang sama terhadap produk perlatan rumah tangga, tidak perlu dibuat segmen untuk wanita menikah dan tidak menikah.
  1. Harus bisa dilakukan tindakan/dilaksanakan (actionable) : Program efektif bisa disusun untuk menarik dan melayani segmen.

Manfaat  yang  didapat jika menggunakan  system  segmentasi pasar :

1. Perusahaan  akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye dan periklanan  yang  paling  efektif.
4. Dapat mengarahkan dan apromosi  yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
5. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar