Nama :
Diah Purwati
Nmp/kelas :
11210950 / 3 EA 18
ANALISIS JURNAL 1
Judul
: Pengaruh persepsi nilai, harapan, dan
kepercayaan terhadap kepuasan konsumen
pada penyedia jasa internet di JABODETABEK
Pengarang
: Mohammad Iqbal
Tema
: Pengaruh persepsi nilai, harapan, dan kepercayaan terhadap
kepuasan konsumen
Latar Belakang Masalah
Pertumbuhan
penyedia jasa internet yang cukup pesat memberikan semakin banyak pilihan
tersedia bagi pengguna internet. Konsumen pengguna internet dapat digolongkan
dalam konsumen yang cukup rasional. Mereka akan mempertimbangkan keputusan
memakai salah satu penyedia jasa internet, melalui proses yang biasanya diawali
dari analisis kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi, dan pengambilan
keputusan. Pertumbuhan penyedia jasa internet yang cukup pesat, di sisi lain
menyebabkan semakin ketatnya persaingan yang terjadi antar penyedia jasa
internet. Penyedia jasa internet dengan demikian harus membuat strategi menarik
dan mempertahankan pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi suatu hal yang penting
dalam mempertahankan pelanggan. Dari keseluruhan kegiatan yang dilakukan oleh
sebuah perusahaan pada akhirnya akan bermuara pada nilai yang akan diberikan
oleh pelanggan mengenai kepuasan yang dirasakan. Kepuasan merupakan tingkat
perasaan di mana seseorang menyatakan hasil perbandingan atas kinerja produk
(jasa) yang diterima dan diharapkan (Kotler, 1997). Dalam era globalisasi ini,
perusahaan akan selalu menyadari pentingnya faktor pelanggan. Oleh karena itu,
mengukur tingkat
kepuasan para pelanggan sangatlah
perlu, walaupun hal tersebut tidaklah semudah
mengukur berat badan atau tinggi
badan pelanggan yang bersangkutan.
Masalah
- Bagaimana cara memuaskan pelanggan dalam persaingan yang sangat ketat ?
- Bagaimana cara perusahaan dalam mengukur tingkat kepuasan para pelanggan di era globalisasi ?
Tujuan
:
Untuk mengetahui pengaruh persepsi
nilai, harapan, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen pada Penyedia
Jasa Internet (PJI) di Jabodetabek.
Metodologi
:
-
Data
: data
primer dengan konsumen pengguna PJI sebagai responden.
-
Sampel :
pengguna internet yang merupakan konsumen pribadi (individual) yang menggunakan
jasa PJI dengan pilihan dan keputusan sendiri.
-
Alat analisis : kuisioner dan skala likert
-
Metode Penelitian : penggunaan model
persamaan struktural untuk menunjukkan hubungan tidak langsung dan penggunaan
variabel laten. Perangkat lunak yang digunakan adalah Lisrel 8.51 yang dikembangkan
oleh Karl G. Joreskog dan Dag Sorbom. Sedangkan untuk uji reliabilitas dan
validitas digunakan perangkat lunak SPSS for Windows versi 13.
-
Variabel Penelitian : Variabel pertama adalah
variable persepsi nilai konsumen terhadap nilai PJI yang menggambarkan
kesepadanan pengorbanan atau harga yang harus dibayar dengan manfaat yang
diperoleh. Variabel kedua adalah variabel harapan konsumen terhadap PJI masa
depan. Variabel ketiga adalah kepercayaan konsumen terhadap PJI. Variabel
keempat adalah kepuasan konsumen terhadap PJI yang digunakan.
-
Tahapan Penelitian :
- Pengumpulan data dengan cara penyebaran kuisioner.
- Pengukuran data dengan menggunakan skala likert.
- Pengujian validitas dan reliabilitas.
Analisis dan
hasil :
Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa persepsi nilai dan kepercayaan terhadap ISP di masa mendatang
memengaruhi kepuasan akan ISP secara langsung dan signifikan. Kenaikan persepsi
nilai dan kepercayaan akan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap PJI yang
digunakan. Hasil ini konsisten dengan temuan Chiou (2004) dan untuk pengaruh
nilai yang dipersepsikan kepercayaan kepada kepuasan konsumen. Sedangkan untuk
harapan tidak memengaruhi terhadap kepuasan
konsumen. Tingginya harapan konsumen
terhadap ISP tidak memengaruhi kepuasan
konsumen. Hasil ini tidak konsisten
dengan temuan penelitian Chiou (2004) yang
menemukan bahwa harapan berpengaruh
secara negatif terhadap kepuasan
konsumen.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar