Nama :
Diah Purwati
Nmp/kelas :
11210950 / 3 EA 18
ANALISIS JURNAL 2
Tema: Kepuasan Konsumen
Judul: Tingkat
Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Rumah
Makan
Ratu Minang Tambun Selatan
Nama
: Argy Hartono
Npm : 10207155
Jurusan
: Manajemen
Pembimbing : Martani, SE, MM
Universitas Gunadarma,2010
Latar Belakang
Bila
kita perhatikan kepuasan konsumen adalah suatu hal penting dan harus dijaga.
Dalam mebuat suatu usaha. Karena konsumen bias dibilang sebagai penentu
kesuksesan dalam sebuah usaha. Dimana konsumen yang menentukan produk kita bias
diterima atau tidak dimata mereka,bila kita lihat disekitar kita persaingan
dalam dunia usaha sangat ketat dimana diantara mereka saling berlomba merebut
hati para konsumen agar menyukai produk yang mereka tawarkan dan konsumenpun
dengan teliti mengeluarkan uangnya dalam memenuhi kebutuhannya. Semuanya
seperti timbale balik dalam sebuah transaksi dimana para konsumen membutuhkan
jasa atau barang yang ditawarkan oleh produsen dan sebaliknya sebuah produsen
juga membutuhkan uang yang diberikan konsumen untuk membiayai usaha yang mereka
jalankan,dari timbale balik itu sendiri terjadi sebuah kontak saling
membutuhkan antara konsumen dan produsen. Banyak disekitar kita Usaha Kecil
Menengah (UKM) berkembang pesat mereka tumbuh ditengah –tengah tampa kita
sadari,pertumbuhan mereka terlepas dari semakin sempitnya lapangan pekerjaan
yang menuntut masyarakat untuk membuka sebuah lapangan usaha guna memenuhi
kebutuhan hidup mereka kedepannya. Dari perkembangan UKM ditengah kita semuanya
tentu terjadi sebuah persaingan yang ketat,bias kita ambil sebuah contoh pada
salah satu UKM yang menawarkan aneka kuliner khan Indonesia,yang banyak
menjamur ditengah kita yang banyak menarik konsumen yang menyukai kuliner,salah
satu kuliner yang banyak diminati oleh para konsumen adalah kuliner khas daerah
Padang,yang sering kita lihat dan temui. Tidak hanya sering ditemui saja ,tapi
perkembangannya sangat pesat dari hari kehari peminat kuliner khas padang it
uterus bertambah,mungkin sebagian dari kita sering bertanya Tanya apa yang
membuat para konsumen tersebut menyukai kuliner yang satu ini dan apakah ada
sebuah tingkat kepuasan yang didapt dari kuliner khas padang ini. Dari
pemahaman diatas saying ingin mencoba mengalisa sebuah kepuasan konsumen. Yang
dimana harus diperhatikan agar usaha yang dijalankan dapat berkembang atau
tidak mengalami penurunan dari segi pendapatan. Dan untuk segi objek sendiri
saya mengambil objek pada salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang beregrak
dibidang konsumsi yang menghasilkan aneka makanan khas dari daerah Padang yaitu
“ Rumah Makan Ratu Minang yang terletak dijalan Diponegoro No.119,Tambun
Selatan.”
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana tingkat kepuasan konsumen
terhadap kualitas Rumah Makan Ratu Minang bial dilihat secara umum.
2.
Variable apakah yang menarik
konsumen sehingga menyukai produk Rumah Makan Ratu Minang.
Batasan Masalah
Penulis
hanya membatasi masalah hanya pada tanggapan atau pendapat konsumen terhadap
Rumah Mkan Ratu Minang,yang dibantu perhiutungan” Skala Likert” dan pengambilan
datapun dibatasi pada bulan Mei – bulan Juni 2010.
Tujuan Penelitian
Untuk
meningkatkan kepuasan konsumen pada Rumah Makan Ratu Minang dengan melihat
variable yang diunggulkan dan yang dianggap masih kurang dalam kepuasan
konsumen terhadap Rumah Makan Ratu Minang
Manfaat penelitian
Bagi
penulis
Manfaat
bagi saya sebagai penulis adalah melihat atau meneliti secara langsung dan
dijadikan sebagai pelajaran praktek setelah saya mendapatkjan materi dalam
perkuliahan.
Bagi
objek
Bagi
objek sendiri bermanfaat untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen,yang dimana
pada nantinya digunakan untuk pengembangan usaha.
Bagi
pihak lain
Bagi
pihak lain dapat digunakan sebagai referensi atau sebagai masukan dalam hal
mengenai kepuasan konsumen.
Metode Penelitian
Objek Penelitian
Objek
penelitian dilakukan oleh penulis pada “ Rumah Makan Ratu Minang “ yaitu
merupakan usaha kecil menengah (UKM) yang beralokasi pada jalan Diponegoro
no.119 Tambun Selatan
Data
/ Variabel
Data
atau Variabel yang digunakam dalam penelitian ini adalah :
Dalam
pengumpulan data saya menggunakan metode pengumpulan data yaitu Data Primer dan
Data Sekunder.
1.
Data Primer
a
Angket (kuesioner)
Saya
memberikan selembaran kuesioner kepada pelanggan Rumah Makan Ratu Minang selama
bulan mei
b
Wawancara
Saya
juga mengajukan beberpa pertanyaan kepada karyawan Rumah Makan Ratu Minang
berkaitan dengan penelitian ini.
2.
Data Sekunder
Mempelajari
beberapa buku yang berkaitan dengan penulisan ilmiah ini yang dapat mendukung
penulisan ilmiah ini
Metode Pengumpulan Data / variable
Data dikumpulkan menggunakan beberapa maetode :
1.
Kuesioner yaitu dengan membuat
pertanyaan yang diajwab secara langsung olej konsumen.
2.
Observasi langsung kepada
objek agar bisa meniai secara langsung.
Perumusan Hipotesis
Rumah Makan Ratu Minang dapat memberikan kepuasan kepada
pelanggannya
Alat Analisis yang digunakan
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
Skala Likert
Analisa
yang dilakukan berdasarkan hasil yang diperoleh dari jawaba konsumen,fungsi
tabel frekuensi ini adalah untuk mengetahui distribusi dari variable tertentu
dan jumlah konsumen.
Metode
skala likert merupakan alat analisis yang digunakan untuk mengukur
sikap,pendapat dan persepsi seseorang ,sekelompok orang tertentu tentang
fenomena social. Variable ini dibagi menjadi beberapa dimensi nilai sesuai
objeknya dan dapat diukur dalam kategorinya sebanyak 50 responden diminta
menajawab pertanyaan yang telah ada dengan kategori tertentu. Dalam hal ini
digunakan tingkat skala yang terdiri dari sangat puas,puas,cukup puas,tidak
puas dan sangat tidak puas.
Adapun
rumus pengujian Skala Likert yang dipakai adalah :
NIK = nilai
bobot kategori penilaian
Keteranga
:
NIK = Nilai Indeks
Nilai Bobot = (kategori penilaian x bobot masing-masing)
Σ kategori penilaian=terdapat 5 kategori
Kategori
Pilihan
|
Bobot
|
Tidak
Puas
|
1
|
Sangat
Tidak Puas
|
2
|
Sangat
Puas
|
3
|
Puas
|
4
|
Cukup
Puas
|
5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar