Nama: Diah Purwati
Npm: 11210950/ 3 EA 18
JUDUL: Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan RS Mitra
Internasional
PENGARANG/TAHUN:
Lien Nurwita, 2007.
LATAR BELAKANG:
Perkembangan dunia pelayanan kesehatan mengalami kemajuan
dilihat dari banyaknya instansi-instansi swasta yang bergerak di bidang jasa
pelayanan kesehatan masyarakat salah satunya RS Mitra Internasional. Sebagai
instansi swasta yang begerak di bidang kesehatan, hal utama yang diprioritaskan
yaitu memberikan pelayanan maksimal yang berkaitan dengan kemanusiaan secara
keseluruhan, agar pasien merasa puas.
Jika pasien terpuaskan kebutuhannya, maka pasien tersebut
akan berfikir untuk kembali menggunakan pelayanan jasa tersebut dan menjaga
hubungan baik dengan pihak RS. Dengan begitu dapat mendatangkan keuntungan
finansial bagi pihak RS Mitra Internasional, karena gaji para karyawan rumah
sakit tersebut berasal dari pasien, maka pihak rumah sakit harus memberikan
pelayanan yang baik kepada pasien dengan melakukan tugasnya secara profesional.
PERUMUSAN MASALAH:
Bagaimana pengukuran tingkat
kepuasan terhadap pelayanan Rumah Sakit Mitra Internasional?
BATASAN MASALAH:
Batasan masalah dalam penelitian ini
adalah pada tingkat kepuasan konsumen/pasien terhadap pelayanan RS Mitra
Internasional.
TUJUAN PENELITIAN:
- Untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan RS Mitra Internasional.
- Apakah konsumen/pasien puas terhadap pelayanan yang diberikan RS Mitra Internasional.
METODOLOGI PENELITIAN:
Data Penelitian:
Objek dalam penelitian ini adalah RS
Mitra Internasional yang beralamat di Jln. Raya Jatinegara Timur No.85. Data
yang didapat berdasarkan kuesioner, diambil dari (Johanes Suprapto) yang
dibagikan terhadap 50 responden.
Variabel Penelitian:
Variabel yang diuji dalam penelitian
ilmiah ini terdiri dari 5 dimensi yaitu:
1) Kehandalan:
Bagaimana ketepatan dan kecepatan dokter dan perawat dalam menangani pasien.
2) Keresponsifan:
Bagaimana kepekaan dokter dan perawat terhadap pasien rawat inap.
3) Keyakinan:
Bagaimana pengetahuan dan kemampuan dokter dan perawat dalam menangani pasien.
4) Empati:
Bagaimana kemampuan perawat dalam memahami pasien yang sakit.
5) Berwujud:
Bagaimana kualitas bangunan atau tempat, kualitas kamar, toilet, dan
kenyamanannya.
Tahapan Penelitian:
Tahapan dalam melakukan penelitian
ilmiah ini adalah sebagai berikut:
Riset Lapangan (Field Research)
- Wawancara: teknik pengumpuln data yang dilakukan dengan cara tanya jawab kepada responden pada RS Mitra Internasional.
- Kuesioner: menggunakan kuesioner yang disiapkan untuk wawancara dengan responden RS Mitra Internasional.
- Observasi: dengan mendatangi RS Mitra Internasional untuk mendaptkan data yang diperlukan.
Model Penelitian:
Model penelitian ini adalah
menggunakan Chi Square dan skala Likert.
Chi Square adalah alat analisis yang
digunakan untuk menghitung perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar
terjadi (fo) dengan frekuensi harapan (fe) yang didasarkan pada hipotesis
tertentu.
Rumus Chi Square:
X2 = S (fo-fe)2
Fe
dimana : X2 : Chi Square hitung
fo : frekuensi observasi.
fe : frekuensi harapan.
H0
= Pasien pada RS Mitra Internsional tidak puas
terhadap pelaynan yang diberikan.
Ha
= Pasien pada RS Mitra Internasional puas terhadap pelayanan
yang diberikan
Untuk mencari fe digunakan rumus:
fe = Pr x Pc x n
dimana : Pr : Proporsi baris total
Pc : Proporsi kolom
n : Jumlah data
Skala Likert adalah alat analisis
yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau
kelompok orang tertentu tentang fenomena sosial.
Rumus Skala Likert:
NIK
= Nilai Bobot : Kategori Penilaian
dimana: NIK: Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot: (Kategori Penilaian x
Bobot masing-masing)
HASIL DAN KESIMPULAN:
Dari observasi 50 responden yang
mencakup 15 pertanyaan dari 5 dimensi pelayanan yang diberikan RS Mitra
Internasional kepada pasien, hasil yang di dapat dengan menggunakan Chi-Square
dapat diketahui bahwa pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan
oleh RS Mitra Internasional dari perhitungan yang di dapat X2 54,78643
lebih besar dari X2 table 21,0261 pada a = 10%.
Kesimpulannya RS Mitra Internasional
telah melakukan pelayanan yang cukup baik sehingga pelanggan merasa puas
terhadap pelayanan jasa yang diberikan oleh RS Mitra Internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar