Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen di Rumah Sakit
Islam Manisrenggo, Klaten
BAB
III
METODELOGI
PENELITIAN
3.1 Data dan Sumber Data
Data yang digunakan untuk penelitian
ini adalah data primer dan data sekunder:
1. Data primer
Data primer merupakan data yang
diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuisioner.
2. Data sekunder
Data sekunder adalah sumber data
yang diperoleh secara tidak langsung melalui media perantara, data yang
diperoleh dari buku-buku, internet, artikel, dokumen lain yang dibutuhkan.
3.2 Variabel
. 1. Variabel bebas: X1 (kualitas pelayanan
medis),
pelayanan
kesehatan adalah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan
standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya
yang tersedia di rumah sakit atau puskesmas secara wajar, effisien, dan efektif
serta diberikan secara aman dan menuaskan secara norma , etika, hukum dan
sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah ,
serta masyarakat konsumen. Selain itu mutu pelayanan kesehatan diartikan
berbeda sebagai berikut: Menurut pasien/ masyarakat empati , menghargai, dan
tanggap sesuai dengan kebutuhan dan ramah.
2. X2 (kualitas pelayanan paramedis)
Paramedis
bertugas mempersiapkan perawatan gawat darurat segera, krisis intervensi,
stabilisasi penyelamatan hidup, dan mengangkut pasien yang sakit atau terluka
ke fasilitas perawatan gawat darurat dan bedah seperti rumah sakit dan pusat
trauma bila memungkinkan.
3.
X3 (kualitas pelayanan penunjang medis)
4.
Variabel terikat: Y (kepuasan konsumen)
Tanggapan atas pelayanan
konsumen karena mampu memenuhi kebutuhan
konsumen lebih dari yang diharapkan
atau yang diinginkan
3.3 Tahapan
Dalam melakukan penelitian, terdapat
beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum sebuah tulisan dapat dikatakan
sebagai penelitian:
1.
Menentukan tema
2.
Menentukan latar belakang masalah
3.
Menentukan masalah dan tujuan
4.
Mencari teori yang berkaitan dengan
penelitian
5.
Menentukan hipotesis dan variabel
6.
Mementukan data dan sumber data yang
digunakan
7.
Menentukan metode
penelitian
8.
Melakukan pengambilan data
9.
Mengumpulkan hasil penelitian
10.
Menganalisi hasil penelitian
11.
Memberikan kesimpulan terhadap hasil
penelitian
3.4 Model Penelitian
Metode analisis data yang digunakan
adalah uji validitas dan uji reliabilitas kuesioner. Tahap selanjutnya, data
kuesioner dianalisis dengan regresi berganda melalui uji statistik deskriptif,
uji-t, uji ketepatan model, dan uji asumsi klasik. Susunan model empiriknya
adalah:
Y = a + b1X1 +
b2X2 + b3X3 + K
Keterangan :
Y = kepuasan konsumen;
a = konstanta;
b1 = koefisien X1
b2 = koefisien X2
b3 = koefisien X3
X1 = kualitas pelayanan
medis
X2 = kualitas pelayanan
paramedis
X3 = kualitas pelayanan
penunjang medis
K = residual
3.4.1 POPULASI
Populasi adalah wilayah
generalisasi yang terdiri dari obyek atau subyek yang menjadi kuantitas dan
karasteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti. (Sugiyono). Dalam
penelitian ini dan yang menjadi populasi
adalah orang yang dijumpai saatdatang di rumah sakit Islam
Manisrenggo, Klaten.
3.4.2 SAMPEL
engertian Sampel adalah sebagai bagian dari populasi, Masalah sampel dalam
suatu penelitian timbul disebabkan oleh hal berikut:Penelitian bermaksud
mereduksi objek penelitian sebagai akibat dari besarnya jumlah populasi,
sehingga harus meneliti sebagian saja dari populasi,.Penenlitian bermaksud
mengadakan generalisasi dari hasil penelitiannya dalam arti mengenakan
kesimpulan-kesimpulan kepada objek, gejala, atau kejadian yang luas,dan sampelnya adalah pasien yang menggunakan jasa rumah sakit.
3.5 PENGAMBILAN
INSTRUMEN PENELITIAN
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
alat yang berupa instrumen penelitian.Instrumen tersebut mencakup seluruh
variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu,kualitas pelayanan medis, kualitas pelayanan paramedis, kualitas
pelayanan penunjang medisVariabel terikat, kepuasan konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar